Ma'had 'Aly Tahfizhul Qur'an
Darul Ulum
Buniaga - Bogor - Jawa Barat
Admin

Profil MATAQ Darul 'Ulum

Ma'had 'Aly Tahfizhul Qur’an Darul Ulum merupakan Lembaga yang mengkhususkan mencetak penghapal Al Qur’an dan penuntut ilmu-ilmu Islam lainnya. Pesantren ini memiliki beberapa unit pendidikan di antaranya Pesantren Tinggi (Ma’had Aly).

Lokasi Ma'had berada di lereng gunung Salak yang berhawa sejuk di Kp. Buniaga RT 02/ RW 01, Desa Sukaresmi, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, di atas tanah waqaf seluas + 9000M2.

Jenjang pendidikan yang sudah berjalan saat ini baru Ma’had Aly Tahfizhul Qur’an Darul Ulum yang setingkat D2 dengan lama pendidikan 2 (dua) tahun, menerima lulusan pondok pesantren dan SMA atau sederajat. Mahasantri belajar dalam suasana lingkungan yang damai dan sejuk, jauh dari hiruk-pikuk perkotaan sehingga sangat kondusif dan nyaman.

Alumni Ma'had 'Aly Tahfizhul Qur’an Darul Ulum yang terjun di tengah-tengah masyarakat pada era digital ini diharapkan bisa menjadi  motor penggerak ummat dan diharapkan dapat  menjadi sebuah solusi mengatasi permasalahan yang ada dalam masyarakat untuk kembali kepada Islam dengan berpegang pada Al Qur’an dan As Sunnah dengan pemahaman ahlusunnah wal jama’ah serta menjadi lentera ummat.

Keberadaan Ma'had 'Aly Tahfizhul Qur’an Darul Ulum diharapkan dapat menjadi fasilitator pengembangan keilmuan khususnya pendidikan Agama Islam dan diharapkan akan menjadi pesantren percontohan khususnya pesantren tahfizh Al-Qur’an.

VISI

Menjadi lembaga yang mampu dan mandiri dalam menyelenggarakan pusat studi Ilmu Al-Qur'an yang melahirkan Ahlul Qur'an hafizh 30 juz dan menguasai tafsir berlandaskan pemahaman salafus shalih serta menjadi lentera umat.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan Tahfizhul Qur’an yang ideal dan profesional tingkat pesantren tinggi (Mahad Aly) dan jenjang lainnya
  2. Mengembangkan kajian Ilmu Tahfizh dan Tafsir Al-Qur’an yang beragam berlandaskan pemahaman salafus shalih
  3. Memberikan pelatihan kewirausahaan kepada setiap mahasantri agar mampu mandiri di tengah masyarakat
  4. Menyelenggarakan pelayanan dan pembinaan masyarakat yang diselaraskan dengan prinsip-prinsip Ahlussunah dalam rangka membangun masyarakat Madani
  5. Menjalin kerjasama dengan pihak luar dalam rangka pengembangan dan pengkajian Ilmu Tahfidz dan Tafsir Al-Qur’an
  6. Menciptakan unit usaha mandiri untuk keberlangsungan Darul Ulum